Fourteen Confused


Minggu, 05 September 2010

Punk


Ada yang bilang mereka lupa berlatih gitar dan menamakan dirinya Punk. Kau tidak dituntut piawai bermain gitar di sini. Dapat menghafal tangga nada dengan akurasi tingkat tinggi, memainkan sweep-picking arpeggio dengan kecepatan super. Semua itu tidak akan ada artinya di sini kalau kau tak tahu apa itu 'punk'.Punk merupakan musik kebebasan, penentangan, pemberontak, tapi kau harus ingat ini bukan anarki! Dimainkan sambil mengocok barre chord dengan berbagai macam suara distorsi ampli yang kamu suka. Lakukan dengan penuh penghayatan yang berbanding terbalik dengan akurasi. Kau selalu punya kebebasan untuk memainkan punk. Yang kau butuhkan adalah jiwamu, kemunafikan yang ingin kau ungkap, teriakan sesuka hatimu. Berontak! Punk is a Rebel!!

Musik Punk lahir ke dunia tahun 1976. Musik ini berasal dari daratan Inggris. Mulanya musik punk berisi teriakan-teriakan kemarahan politis (ex: Sex Pistols). Namun sekarang genre musik punk telah terpecah menjadi kepingan-kepingan kecil yang juga tajam. Kau akan mendengar istilah-istilah yang di ikuti kata 'punk' seperti Punk-rock, Pop-punk, Punk-melodik (yang satu ini saya baru mendengarnya di Indonesia saja), dll. Kau lebih bebas berteriak. Bahkan dengan kata-kata cinta yang tolol kau bisa di bilang Punk. Itu semua bagaimana cara mu menghayatinya.
Itu semua bermula saat punk sempat melewatkan waktu bersama orang-orang amerika yang datar & membosankan tahun '80-an lalu berubah menjadi teriakan yang lebih ganas, lebih terus terang pada tahun '90-an ketika band-band Seattle mulai merambah dunia dengan apa yang mereka sebut Grunge. Jadi intinya ia sempat mati pada tahun '80-an. Namun banyak perdebatan tentang ini sehingga kau akan banyak mendengar "Punk Never Die" dan ada tambahan, kaum punk punya motto atau bisa kau sebut semboyan idealis mereka, DIY => 'Do It Yourself'.

Pelajaran tentang musik ini bebas, yang utama ialah feel. Kau cukup melatih tangan kanan mu untuk bisa memainkan down stroke pada barre chord tangan kiri mu. Tak perlu pedulikan perpindahan akord yang harmonis, kau bisa menutupinya dengan distorsi & mentalitas jiwa punk. Bermain dalam tempo cepat. Berteriak lah Punker!!!

Oh ayolaahh.. kita bicara tentang musik di sini. Tentu saja saya tidak akan membahas tentang skinhead, black flag, atau apalah yang kalian 'para punkers' komentari tentang tulisan ini. Apa pun tentang punk, saya hanya membahas tentang musik nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar