Fourteen Confused


Minggu, 05 September 2010

Heavy Metal

Bermula dari lahirnya gitar solid body, semua orang yang pernah memainkan nya pasti akan mencoba bermain 'heavy'. Dengan teknologi yang makin menggila, kau akan berusaha untuk dapat berdiri di depan tumpukan delapan-speaker dan mengeluarkan suara distorsi power chord tunggal yang kamu mainkan dari gitar solid body keramat mu. Hingga getaran yang kau rasakan merambat dari sepatu bot-mu memuaskan hasrat jiwa.
Sejak saat itu, penganut Metal bersaing untuk menjadi yang paling heavy, paling bising!! It's about Heavy Metal!

Band pertama yang menggunakan istilah 'Heavy Metal' adalah veteran tahun '60-an, Steppenwolf. Sampai tahun '70-an Black Sabbath yang merilis album perdana klasik mereka, 'Paranoid' diakui sebagai dedengkot, godfather-nya Heavy Metal.
Kemudian interpretasi & pendefinisian ulang terjadi. Terpecah menjadi banyak hal yang seram, gelap, bising, apa pun yang bertentangan dengan norma orang tua mu.
Mengabaikan kepiawaian bergitar & meneriakkan kebebasan menamakan diri nya Punk. Bermain-main dengan tangga nada minor pada riff menjadi Classic Metal. Bermain piawai dengan tempo super cepat digelari Trash. Sampai awal tahun '90-an, saat sudah bingung ingin menamakan apa, ada yang mengusulkan Alternative Metal.

Seiring berjalan nya waktu, band Heavy Metal banyak mengalami perubahan, atau bisa kau sebut sebagai cabang karena yang lama tidak benar-benar ditinggalkan atau dibuang.
Mulanya tipe vokal yang digunakan ialah penyanyi bersuara 'tinggi' seperti Ozzy Osbourne - Black Sabbath, Axl Rose - Guns N Roses, dan sebagainya. Tahun '90-an mulai dikenalkan tipe vokal bersuara 'rendah' untuk genre musik ini. Trent Reznor - Nine Inch Nails, James Hetfield - Metallica. Umumnya, makin 'alternative' metal yang disuguhkan, makin 'rendah' suara vokal penyanyi nya.
Untuk sound gitar, detuning menjadi aturan dalam metal kontemporer. Para gitaris bereksperimen pada tuning gitarnya untuk menghasilkan nada paling rendah yang mungkin dari sebuah gitar. Borland, gitaris Limp Bizkit bahkan bereksperimen mengganti senar gitar nya dengan senar bas!! Pada umumnya gitaris metal menggunakan tuning yang di drop.
Tidak ada aturan khusus pada sound bass. Kau bisa coba dengan menjadi yang paling 'deep', paling 'heavy' atau kau bisa menjadi yang paling nge-twang.
Para drummer berlomba-lomba untuk menjadi yang paling baik. Bermain dengan ketukan yang rumit, cepat, sekreatif mungkin untuk memperebutkan gelar 'drummer of the year'.
Metal salalu menjadi pertunjukan yang fenomenal, pertunjukan yang memukau..
Keep Rock |,,|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar