Fourteen Confused


Minggu, 31 Oktober 2010

Saat Perpustakaan Tidak Dikunjungi

Saat ini mungkin kita tidak punya waktu lagi berkunjung ke perpustakaan dikarenakan kesibukan yang padat, letak perpustakaan yang jauh, atau bahkan kita merasa itu sudah tidak penting lagi. Selain itu juga banyak faktor lainnya, misal yang di jakarta pergi ke perpustakaan dianggap tidak efisien karena lebih banyak membuang waktu di jalan yang macet. Walau begitu tidak dapat disangkal kalau kita ini butuh & ingin suatu bacaan sehingga alternatif yang kita pilih adalah toko buku terdekat. Di toko buku kita tidak mendapatkan kepuasan membaca yang maksimal. Kita dituntut untuk membeli buku tersebut jika ingin mengkajinya lebih dalam, sedangkan kita tidak memiliki cukup uang atau sayang jika dipakai untuk itu.

Perpustakaan Universitas Gunadarma menyediakan layanan perpustakaan online yang diberi nama Gunadarma Central Digital Library. Layanan tersebut dapat menjadi solusi semua masalah tadi. Layanan perpustakaan online ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.

Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma. 

Halaman web nya disusun simpel untuk memudahkan pengguna. Fitur-fiturnya lengkap untuk memenuhi kebutuhan kita. Disediakan untuk umum (masyarakat) & khusus (mahasiswa Gunadarma) yang mudah digunakan. Tinggal mengklik pada icon-icon yang ada.

Icon pada menu bar perpustakaan online tersebut ialah; katalog buku, penulisan PI / skripsi, bebas perpus, online booking, koleksi digital, WAP, & gallery . 



Katalog buku digunakan untuk mencari buku. Kita hanya perlu memasukkan kata kunci dari buku yang kita cari & mengatur opsi pencarian nya. 

Penulisan PI / skripsi berfungsi untuk mencari & memperlihatkan pada kita contoh-contoh karya tulis ilmiah, skripsi, thesis, dll. Ini sangat berguna untuk mahasiswa sebagai masukan untuk pembuatan skripsi nya nanti.
Bebas perpus merupakan layanan yang ditujukan untuk mahasiswa gunadarma. Layanan ini digunakan untuk melihat status pembuatan surat bebas peminjaman. Layanan ini dipersiapkan sebagai pengganti hard-copy surat bebas yang selama ini diterbitkan oleh Perpustakaan.

Online Booking berfungsi untuk mem-booking buku. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini anda harus Login terlebih dahulu.
Koleksi digital berisi koleksi tulisan-tulisan atau buku digital.


Selain menubar berupa icon, halaman web juga dilengkapai berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung perpustakaan online. Seperti menu utama, Berita, dll. Semua lengkap & mudah di perpustakaan online ini. Kunjungi di URL http://library.gunadarma.ac.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar