Fourteen Confused


Sabtu, 19 Februari 2011

Manusia & Kebudayaan

Manusia & kebudayaan sangat berkaitan satu sama lain. Adanya sekumpulan manusia dapat menciptakan suatu kebudayaan, kemudian kebudayaan akan jadi panutan manusia & akan terus berkembang.

Definisi
Manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong mamalia. Secara luas manusia berbeda dengan makhluk biologis lainnya, juga berbeda dengan mamalia lainnya. Manusia mengenal aspek-aspek nilayang membuatnya berbeda. Kita mengenal aspek sosial & budaya serta agama, sehingga manusia disebut sebagai makhluk sosial, makhluk yang beradab.
Sedangkan budaya muncul karena adanya manusia. sekelompok manusia yang tinggal di suatu tempat akan melakukan aktifitas rutin setiap harinya & akan ada kebiasaan-kebiasaan yang berulang dilakukan sehingga menjadi suatu yang sakral untuk kelompok tersebut. Kebiasaan itulah yang kemudian disebut sebagai 'budaya'.

Hakekat Manusia
- manusia sabagai makhluk beragama
- manusia sebagai makhluk sosial
Dari dua pernyataan diatas, manusia memiliki hakekat yang sangat luas. Manusia sebagai makhluk beragama memiliki tanggung jawab terhadap kehidupannya, menjaga alam sekitar pada lingkungannya. Manusia sebagai makhluk sosial menjadikan makhluk yang beradab, yang berbudaya, memiliki hubungan satu sama lain yang erat.

Kepribadian Bangsa Timur
Seperti yang telah dijelaskan, kebudayaan terbentuk dari sekelompok manusia. Kelompok-kelompok manusia yang dipisahkan oleh keadaan alam berbeda kebudayaannya. Perbedaan budaya ini erat kaitannya dengan kepribadian manusia pada tiap kelompoknya.
Faktor bentang atau luas bumi membagi kelompok manusia menjadi tiga, yaitu kelompok barat, timur, & timur tengah yang memuliki ciri khas dari identitasnya.

Indonesia merupakan negara yang terletak pada kelompok timur, masyarakatnya disebut sebagai orang timur.
Secara umum kepribadian bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang punya rasa sosial tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Pembawaanya ramah & peka terhadap sikap lawan interaksinya.

 7 Wujud Kebudayaan Universal
- sistem religi
Keyakinan manusia tentang sang pencipta, zat yang derajatnya jauh tinggi di atas manusia.
- sistem organisasi kemasyarakatan
Hubungan antar sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
- sistem pengetahuan
Muncul sebagai hakekat manusia merupakan makhluk yang memiliki akal pikiran.
- sistem ekonomi
Muncul akibat manusia memiliki hawa nafsu dalam memenuhi keinginannya.
- sistem teknologi & kesehatan
Sistem dimana manusia melakukan tindakan untuk mempermudah aktivitas (efisien) & kebutuhan untuk fisiknya.
- bahasa
Suatu kode atau isarat untuk menghubungkan manusia satu dengan lainnya dalam memenuhi kebutuhan & hakekatnya.
- kesenian
Wujud kebutuhan psikis yang dapat memuaskan.

3 Wujud Kebudayaan Menurut Dimensi Wujud
- Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
Kebudayaan yang muncul dan hidup karena adanya gagasan – gagasan baru, konsep yang matang serta buah dari pikiran yang kreatif. Wujudnya dapat ditemukan dalam sebuah buku – buku, arsip dan sebagainya.

- Kompleks aktivitas
Aktivitas manusia dengan lingkungan sekitar dalam kegiatan sehari hari dari waktu ke waktu memunculkan sesuatu untuk diabadikan, difoto dan juga diobservasi.

- Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia sehari – hari umumnya dilakukan dengan menggunakan benda sebagai sarana dan prasarana. Dari situ lahir kebudayaan dalam bentuk fisik yang konkret, bisa bergerak maupun tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar